Dilema Surat Keterangan Bangunan

Kemarin orangtua saya bermaksud ingin membuat Surat Keterangan Bangunan.. Soalnya dari Pihak BPN Kota Semarang minta Surat itu guna melengkapi berkas Pemecahan Tanah. Well..apa itu Surat Keterangan Bangunan? saya baru denger tu namanya…apa saya yang ketinggalan informasi? saya sudah tanya sama pihak BPN tapi tetap kurang mengerti dan untuk memastikan lagi, terus saya tanya sama temen-temen tapi ada yang bilang itu IMB, ada yang bilang PBB.. tapi semuanya gak ada yang betul..cuma ada 1 jawaban dari salah seorang kakak kelas saya dulu sewaktu SMP yang agak mendekati, Surat Keterangan Bangunan itu lebih tepatnya Surat Keterangan Bangunan Lama, tapi kalo gak ada yang lama, harus buat baru.. Nah itu…masalahnya.. sewaktu orangtua saya mendatangi kelurahan setempat (kelurahan tempat saya bermukim sebagai warganya)#yaa iyalahh, sebut saja kelurahan X .. tapi…tapi..tapi…. ternyata kelurahan X tidak bisa mengeluarkan Surat Keterangan Bangunan,, disini saya singkat saja jadi SKB ..alasannya karena tidak ada dasar hukum nya atau landasan peraturan daerah, dan blaa..bla…baaa.blaa…padahal saya sudah bawa Contoh surat nya dari Kelurahan KP, logikanya kalo kelurahan lain bisa mengeluarkan SKB, kenapa Kelurahan X itu tidak bisa?? malahan yang lebih parah..pihak kelurahan tersebut menyuruh orangtua saya mengurus di kelurahan lain yang masih dekat dengan daerah rumah saya..lohh…lohh.. ini gimana si? jelas-jelas kami ini warga kelurahan X tersebut, malah suruh ngurus ke kelurahan lain? alasannya lagi di keluarahan X tidak ada data tanah tempat saya tinggal, ckkk..ckkk….

Setelah lama berunding dengan Kepala Lurah dan dilimpahkan ke sekretarisnya… ujung-ujungnya…. sumpah..ini lebih parah lagi dari yang diatas tadi…#Lebaybgtt, ternyata pihak kelurahan itu meminta uang pelicin sebesar Rp. 1.000.000 ( Satujuta Rupiah). MasyaAllah…. langsung aja ortu saya kagettt…..

Sampai sekarang orangtua saya pusing..dengan berbagai permasalahan… satu permasalahan selesai, datang maslah lagi..datang lagi.. mungkin ujian agar kami lebih bersabar,,,dan mungkin Allah akan memberikan yang lebih baik dari ini, dan akan merencanakan sesuatu yang indah buat kami. Aminnnnn🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s