Tips Aman Naik Motor

Saat ini di Jalan raya sudah tidak seperti dulu lagi, apalagi jalan-jalan yang ada di kota-kota besar, tak terkecuali di Semarang ini, tingkat Lakalantas semangkin meningkat dari tahun sebelumnya apalagi kebanyakan yang menjadi korban adalah para pengendara sepeda motor. saya pernah melihat sebuah kecelakaan sepeda motor dengan truk dimana pengendara motor nya seorang perempuan, ngeri banget liatnya, padahal situasi jalan saat itu masih macet, dan kendaraan berjalan pelan tapi masih saja bisa terjadi kecelakaan, terkadang sudah hati-hati pun masih saja ada yang nyalahin,, jadi saya mau memberikan sedikit Tips agar bisa berkendaraan dengan aman di jalan, usia memang Allah yang menentukan tapi setidaknya kita berusaha menghindari musibah.

  1. Selalu berdoa terlebih dahulu dalam memulai kegiatan, itu sangat penting walaupun terkadang kita sering lupa atau menyepelekan, saat akan keluar rumah bacalah doa terlebih dahulu, karena saya seorang muslim biasanya saya membaca Bismillahi Tawakaltu Allallah Lahaulawalakuwata Illabillahil a’liyil adzim ( kurang lebih begitu tulisannya ).
  2. Cek surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP dan lainnya.
  3. Memakai Helm sudah pasti, walaupun jarak perjalanan kita dekat diusahakan untuk tetap memakai helm, dan helm yang digunakan sesuai Standar Nasional Indonesia ( SNI )
  4. Memakai sarung tangan saat berkendara juga penting, apalagi pada saat keadaan jalan yang sangat ramai saat ini, selain melindungi dari panas matahari, sarung tangan juga melindungi tangan kita apabila sewaktu-waktu kita terjatuh dari motor ( moga-moga aja enggak, tapi kan buat jaga-jaga )
  5. Memakai Jaket, kalo yang ini gak perlu jaket yang tebal, tapi disesuaikan aja sama situasi dan kondisi, misal saat hujan atau panas.
  6. Memakai masker, ini juga gak kalah penting melindungi kita dari polusi udara, orang yang memakai masker bisa terlindung sampai 300 x lipat dari polusi udara dibanding yang tidak memakai masker.
  7. Memakai kaos kaki, pastikan untuk selalu membawa yang satu ini ( selain terhindar dari panas n biar kulit kaki gak belang ) kalo saat cuaca dingin kaki jadi anget deh…

  1. Saat hujan turun, fungsi pengereman bisa menjadi sangat pakem sesaat yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain disebabkan jalanan yang menjadi licin karena air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan + debu. Jika menggunakan rem depan secara mendadak, kemungkinan tergelincir lebih besar. Jika rem belakang, kemungkinannya selip (ngepot). sumber : http://www.gugling.com
  2. Kondisi ban, Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis? Jika kembangan masih bagus, tak masalah. Namun jika kembangan sudah kurang bagus, ini akan menjadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti dengan ban baru dan berkualitas. Periksa dulu rem depan dan belakang, setelah itu pastikan semuanya aman dan nyaman. Beri jarak antara kendaraan di depan kamu lebih jauh dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pengereman bisa lebih smooth (kalau mendadak bisa tergelincir) dan bisa mengatasi kurang pakemnya rem akibat air hujan di aspal. sumber : http://www.gugling.com
  3. Jalan berlubang dan becek pada saat musim hujan
    Waspadai setiap jalan yang berlubang. Sebaiknya pelan-pelan saja saat melewati jalan yang tak dikenal, jalan dengan kondisi jalan tanah biasa/berbatu. Jika kamu sudah hapal tentang kondisi jalan, mungkin akan lebih baik, tapi tetap harus lebih waspada terhadap genangan air. ( oia.jangan lupa untuk selalu membawa jas hujan dan kantong plastik saat musim hujan ) sumber : http://www.gugling.com
  4. Sisakan jarak aman. Walau kendaraan padat dan macet, pastikan motor anda tak terlalu dekat dengan kendaraan lainnya. Ruang ini membuat pandangan anda lebih jelas dan bisa lebih baik dalam merespon situasi yang terjadi. Apalagi dalam keadaan kecepatan tinggi, jaga jarak dengan kendaraan lain sebagai antisipasi jika ada pengereman mendadak. sumber :http://lampuhijau.wordpress.com
  5. Antisipasi kecelakaan. Jika berada di belakang truk bermuatan besar atau bis kota yang ugal-ugalan tetaplah berhati-hati. Antisipasi risiko yang akan datang ketika berada di dekat dua kendaraan tersebut. Bus kota sering tak melihat kanan kiri jika ingin menyalip, pastikan motor anda tak berada di tempat yang berbahaya. Begitu juga dengan truk, jaga jarak sehingga jika terjadi sesuatu anda bisa melakukan antisipasi tindakan dengan cepat.klakson dan kedipkan lampu untuk memberi tanda. Pelankan kendaraan setiap berbelok, kadang kita tidak bisa melihat apakah ada truk atau lubang besar yang bisa membahayakan di belokan tersebut. sumber :http://lampuhijau.wordpress.com
  6. Stop kebut-kebutan. Dalam cuaca panas, bisa saja keadaan emosi ikutan panas. Hindari konflik di jalan karena akan mengacaukan pikiran dan mengurangi konsentrasi. Tetap tenang dan fokus pada tujuan anda. Jangan mudah terpancing juga pada pengendara lain yang menantang untuk kebut-kebutan. Jika keadaan sangat emosional, lebih baik berhenti sebentar. Minum air jika memungkinkan dan lanjutkan perjalanan jika sudah tenang. sumber :http://lampuhijau.wordpress.com

Untuk tambahan, yang dibawah ini tips berkendara aman khusus untuk sepeda motor matic :

( Sumber : http://gethomesafely.co.id )

  1. Kenali Skuter Matic Anda, Untuk menjadi pengendara skuter matik yang baik, terlebih dahulu Anda mesti mengetahui skuter Anda sendiri. Cek buku panduan manual skuter matic Anda. Tidak semua skuter matic sama, ada yang memiliki kapasitas mesin besar (650cc atau lebih) dan ada skuter matic dengan kapasitas mesin kecil (50cc). Dengan memahami buku panduan skuter matic Anda, pengetahuan cara merawat dan memelihara kondisi motor Anda pun bisa diketahui.
  2. Membiasakan Diri Dengan Kontrol Skuter Matic ,Ada beberapa kontrol standar pada sebuah skuter matic. Anda bisa menggunakan standar ganda untuk mendirikan skuter matik Anda lalu naiklah di atasnya. Biasakan diri dengan skuter matic Anda. Cobalah untuk menarik tuas atau pedal pada motor Anda untuk membiasakan diri. Pegang kendali stang motor dan cobalah untuk menekan tombol sen, lampu depan, atau klakson. Ini dimaksudkan supaya Anda terbiasa mengetahui dimana letak tombol-tombol tersebut ketika sudah mengaplikasikannya di jalanan. Biasakan diri dengan katup bahan bakar cadangan jika memang ada di skuter matic Anda.  Ini bertujuan untuk membiasakan diri di jalanan ketika motor Anda sudah kehabisan bensin, Anda bisa segera beralih menggunakan bahan bakar cadangan tersebut sebelum Anda menemukan tempat pengisian bensin terdekat.
  3. Teknik Melakukan Rem di Jalanan Lurus, Ingatlah, rem depan pada sebuah skuter matic mampu menyuplai 70% tenaga untuk menghentikan laju kendaraan. Salah satu teknik yang perlu Anda kuasai adalah dengan menggunakan kedua rem (depan dan belakang) setiap kali Anda ingin memperlambat laju motor Anda. Jika motor tidak sedang dalam laju kecepatan yang tinggi, rem belakang saja mungkin cukup. Tapi jika Anda sedang dalam laju kendaraan yang tinggi, tekan kedua rem tersebut tapi tidak sekaligus. Tarik kedua rem secara perlahan dan atur sedemikian rupa hingga kendaraan betul-betul berhenti secara halus.
  4. Teknik Engine Braking Pada Skuter Matic. Tak hanya pada motor konvensional, skuter matic juga ternyata memiliki kemampuan engine braking. Anda bisa menggunakan teknik ini untuk bisa mengurangi kinerja yang terlalu berat pada rem skuter matic Anda. Misalnya, ketika Anda sedang berada pada satu trek jalan yang menurun, jangan melepaskan tenaga gas pada motor Anda karena akan membuat motor melaju semakin kencang. Anda bisa menarik sedikit pedal gas motor matic Anda dan menahannya sedikit untuk memunculkan kemampuan engine brake tersebut.Atau malah mungkin jika Anda sedang berada di jalanan yang lurus, Anda bisa juga langsung mengurangi tenaga gas motor Anda sehingga menimbulkan engine brake tersebut.
  5. Tehnik Belok Pada Skuter Matic Pelajari teknik berikut untuk bisa melakukan gerakan belok yang halus pada skuter matic Anda:
  • Pelankan laju kendaraan Anda sebelum melakukan belokan. Upayakan kepala Anda tetap tegak dan pandangan sesuaikan dengan belokan tersebut. Pelajari kondisi lalu lintas di hadapan Anda dan lihat kondisi permukaan jalan.
  • Jika Anda tidak memiliki kesempatan untuk memperlambat laju motor, lakukan belokan tersebut secara halus dan jangan menarik rem terlalu keras.
  • Letakkan kaki Anda pada alas (papan) motor dan upayakan untuk rileks mengikuti alur belokan skuter matic Anda.

Tingkatkan Visibilitas Skuter Matic Anda
Banyak kasus tabrakan motor skuter dengan kendaraan lain yang diakibatkan karena pengendara (misalnya mobil) tidak melihat skuter Anda melaju. Untuk itu, ada baiknya Anda menggunakan pakaian atau jaket yang berwarna cerah. Atau mungkin Anda bisa menggunakan pakaian yang dilengkapi bahan yang dapat memantulkan cahaya. Selain itu, selalu gunakan signal pada motor Anda ketika hendak melakukan sesuatu. Misalnya, gunakan lampu sen atau kedipkan lampu depan ketika Anda bermaksud untuk belok.

Mendahului Kendaraan Lain
Prosedur mendahului kendaraan yang di depan Anda pada dasarnya sama ketika Anda menggunakan motor konvensional atau mobil. Pastikan skuter matic Anda memiliki tenaga yang cukup untuk mendahului kendaraan di depan Anda. Pergunakan kaca spion motor Anda untuk memastikan kondisi di belakang motor Anda aman sebelum Anda memutuskan untuk mendahului kendaraan di depan Anda. Gunakan lampu sen untuk memberikan sinyal kepada pengendara jalan lain di belakang Anda bahwa Anda bermaksud untuk mendahului kendaraan di depan. Terakhir, upayakan sedikit jarang dengan kendaraan yang Anda susul, jangan terlalu dekat dengan kendaraan yang Anda dahului.

Rem Darurat Pada Skuter Matic
Pada suatu situasi tertentu, terkadang Anda harus selalu siap menghentikan laju kendaraan skuter matic Anda. Berikut adalah beberapa teknik yang bisa Anda aplikasikan supaya bisa menghindari hal-hal negatif pada saat berkendara:

  • Tarik dua tuas rem (belakang dan depan) yang ada di stang motor matic Anda. Berlatihlah di halaman parkir yang luas untuk memahami bagaimana teknik ini berlaku sehingga Anda akan semakin mahir ketika nanti mengaplikasikannya di jalan.
  • Upayakan skuter matic Anda tetap lurus dan perhatikan kemana Anda akan mengarahkan motor Anda ketika melakukan rem.
  • Jangan tarik terlalu keras rem depan skuter matic Anda, jika ban depan mulai slip, lepaskan rem tersebut dan tarik kembali lalu atur sedemikian rupa hingga laju motor betul-betul berhenti.

Teknik Melakukan Rem Ketika Belok Dengan Skuter Matic
Seperti teknik di atas, Anda bisa menarik dua rem yang terdapat pada stang motor Anda sembari membungkukkan badan ketika berbelok. Tapi lakukan secara halus dan perlahan mengikuti arah belokan. Untuk efisiensi maksimum pengereman dalam keadaan darurat, luruskan skuter Anda dengan cara meluruskan stang motor baru kemudian tarik rem sekuat-kuatnya. Tapi percayalah, Anda butuh latihan yang intensif sebelum mengaplikasikan teknik ini di jalanan.

Teknik Mengendarai Skuter Matic di Kondisi Jalan yang Buruk
Tak selamanya kondisi jalan yang Anda temui selalu halus dan lancar. Adakalnya Anda akan menemukan kondisi jalan yang buruk seperti jalanan yang berpasir, berlubang, berlumpur, atau basah sekalipun. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan manuver dengan skuter matic Anda:

  • Jika Anda sedang berada di kondisi lalu lintas yang padat, pastikan kendaraan di belakang Anda mengetahui bahwa Anda akan memperlambat kendaraan untuk menghindari jalanan yang buruk.
  • Upayakan untuk melintasi jalanan yang buruk tersebut secara lurus dan jangan menambah kecepatan motor Anda secara tiba-tiba. Upayakan selalu skuter matic Anda berada pada kecepatan yang stabil.
  • Jaga keseimbangan motor ketika melintasi jalan tersebut.
  • Jangan melakukan akselerasi berlebihan sampai betul-betul melewati jalanan yang buruk tersebut.

Itulah beberapa tips dan teknik yang bisa Anda terapkan pada skuter matic Anda. Tapi, jangan lupa untuk menerapkan keamanan standar seperti penggunaan helm, jaket, dan sarung tangan untuk semakin menambah kesiapan Anda menghadapi situasi darurat di jalanan.

Itu tadi poin-poin yang menurut saya penting saat berkendara motor, semoga bermanfaat ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s